/

Rekomendasi Vitamin Untuk Anak Cacingan, Aman Dikonsumsi Anak

Rekomendasi Vitamin Untuk Anak Cacingan

Cacing sering menyerang anak-anak, apa saja rekomendasi vitamin untuk anak cacingan? Obat cacing untuk anak dijual bebas. Namun, ibu perlu mengetahui jenis obat cacing apa saja yang aman untuk diberikan pada si kecil. Infeksi cacingan tentu saja disebabkan oleh telur cacing atau cacing yang masuk kedalam tubuh melalui pori-pori kulit atau mulut.

Penularan dapat terjadi jika anak anda memasukkan benda kotor yang mengandung jentik atau telur cacing ke dalam mulutnya saat bermain, atau tidak mencuci tangan dengan bersih setelah beraktivitas di luar rumah dan sebelum makan.

Tak hanya itu, telur cacing dan larva bisa masuk ke dalam tubuh saat si kecil makan makanan yang tidak bersih, misalnya sayur atau buah yang tidak dicuci bersih. Selama di dalam tubuh, larva cacing berkembang biak dan hidup dengan mengambil nutrisi dari tubuh si kecil. Kami akan rekomendasikan beberapa vitamin untuk anak cacingan.

Bagaimana Gejala Dan Efek Samping Cacingan

Infeksi cacing pada anak biasanya ditandai dengan gejala berikut:

  • Nafsu makan menurun
  • Gatal, ruam, dan nyeri pada anus
  • Sulit tidur
  • Demam
  • Batuk
  • Adanya gangguan di bagian pencernaan, sakit perut, mual, dan muntah
  • Penurunan berat badan
Rekomendasi Vitamin Untuk Anak Cacingan

Namun, jika infeksinya cukup parah, anak yang terkena cacingan dapat mengalami muntah, dan, diare, pendarahan usus, bab berdarah. Terkadang, cacing juga bisa keluar saat anak buang air besar.

Jika tidak segera diobati, infeksi cacing dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan mengganggu penyerapan nutrisi. Kondisi ini dapat menimbulkan berbagai komplikasi, seperti malnutrisi, daya tahan tubuh lemah, berat badan rendah, dan anemia.

Tidak hanya itu, infeksi cacing juga dapat berdampak negatif pada pertumbuhan dan perkembangan anak, serta mempengaruhi kemampuan belajar dan fungsi kognitifnya. Berikut vitamin untuk anak cacingan, cek selengkapnya.

Rekomendasi Vitamin Untuk Anak Cacingan

Berbagai macam obat cacing untuk anak cacingan dapat diobati dengan meminum obat cacing. Pemberian obat cacing untuk anak dapat dimulai saat anak berusia 1,5–2 tahun. Kami akan sampaikan beberapa jenis obat cacing yang aman dikonsumsi si kecil.

  1. Albendazol

Cacing pita dapat disembuhkan menggunakan obat jenis ini. Albendazole tidak boleh diberikan kepada anak-anak yang alergi terhadap obat jenis ini. Wanita hamil juga tidak disarankan untuk mengonsumsi obat ini.

  1. Levamisol

Obat cacing levamisol tentu sangat efektif mengobati infeksi cacing gelang, cambuk, dan kremi. Namun, obat cacing ini jumlahnya lebih sedikit efektif untuk mengobati infeksi cacing tambang.

  1. Pirantel

Jadi obat ini digunakan untuk infeksi cacing gelang dan kremi. Pirantel tentu tidak boleh diberikan kepada anak atau seseorang yang mempunyai alergi dan masalah hati. Pirantel tidak dianjurkan untuk ibu menyusui dan anak di bawah usia dua tahun, kecuali atas petunjuk dokter.

  1. Mebendazol

Obat ini digunakan untuk mengatasi infeksi pada cacing cambuk, gelang, dan cacing tambang. Mebendazole tidak dianjurkan untuk anak di bawah usia dua tahun.

  1. Ivermectin

Ivermectin merupakan salah satu jenis obat cacing yang dapat membasmi cacing pada saluran pencernaan anak, seperti cacing gelang. Selain untuk mengobati cacingan, obat ini bisa digunakan untuk membasmi kutu dan mengobati kurap.

Saat memberikan obat cacing pada anak, pastikan ibu sudah membaca dan mengikuti petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan obat. Sama seperti obat lainnya, obat cacing untuk anak memiliki efek samping. 

Efek samping obat cacing sendiri mulai dari sakit perut, mual, dan reaksi obat. Oleh karena itu, konsultasikan ke dokter spesialis anak jika si kecil menunjukkan gejala efek samping atau alergi setelah pemberian obat cacing. Anda bisa menggunakan vitummy, yakni madu alami.

Selain mengonsumsi obat cacing, infeksi cacing dapat dicegah dengan menjaga kebersihan rumah dan lingkungan sekitar anak, termasuk mainan anak, sprei, dan toilet. Jangan pernah membiarkan anak beraktivitas di lingkungan kotor, seperti bermain di tanah, tidak menggunakan alas, kaki, dan bermain di genangan air. 

Sudah paham kan apa saja rekomendasi vitamin untuk anak cacingan. Jangan pernah lupa untuk mengingatkan anak agar mencuci tangan sebelum makan. Potonglah kuku anak anda secara rutin, karena celah kuku dapat menjadi tempat berkembangnya telur dan larva cacing. 

Demikian ulasan yang bisa kami sampaikan mengenai vitamin untuk anak cacingan, semoga bermanfaat.

Baca Juga: 4 Manfaat Pijat Refleksi untuk Segala Penyakit

Staff

Times Newsline adalah portal berita bisnis, teknologi, hiburan dan informasi umum. Kami percaya pada pemberdayaan individualitas. Misi kami adalah menjadi platform global untuk sumber daya informasi penting.