4 Manfaat Pijat Refleksi untuk Segala Penyakit

Manfaat Pijat Refleksi untuk Segala Penyakit
Manfaat Pijat Refleksi untuk Segala Penyakit

Memang benar, pijat adalah salah satu terapi tradisional yang memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh. Terlebih, terapi ini bisa meringankan penyakit dan menghilangkan pegal-pegal akibat aktivitas yang padat. Jenis pijat pun beragam, salah satunya adalah pijat refleksi. Namun, apakah pijat refleksi untuk segala penyakit? 

Hm, pertanyaan itu yang sering ditanyakan oleh para calon pengguna jasa pijat. Terutama bagi mereka yang sedang memiliki masalah kesehatan seperti sakit kepala. Di bawah ini, kami akan bahas secara rinci apa saja manfaat yang baik dari pijat refleksi yang banyak dipilih orang-orang sebagai terapi kesehatan.

Apa Itu Pijat Refleksi?

Pijat refleksi menjadi pilihan untuk memanjakan diri di sela-sela kesibukan Anda. Tidak seperti jenis pijat lainnya, refleksi berfokus pada titik saraf tubuh, terutama kaki dan tangan. Menurut situs Mayo Clinic, titik-titik saraf di tubuh ini terhubung langsung dengan saraf di organ tubuh, jadi pijat akan berpengaruh terhadap fungsinya.

Selain itu, menurut kepercayaan tradisional Cina, pijat refleksi dapat membawa keseimbangan energi ke bagian tubuh yang terhubung. Hasilnya adalah tubuh yang lebih sehat atau proses pemulihan sakit yang lebih cepat setelah pijat refleksi. 

Teknik dari jenis pijat ini memang menenangkan sistem saraf pusat, serta meningkatkan relaksasi. Pijat refleksi biasanya dimulai dengan pengolesan minyak esensial atau handuk hangat untuk menciptakan efek tenang pada anggota tubuh yang nantinya akan dipijat. 

Setelah itu, terapis pijat refleksi dengan lembut memijat otot dan persendian dan terus menekan titik refleksi pada kaki atau tangan. Hingga akhirnya banyak yang klaim pijat refleksi untuk segala penyakit.

Apakah Pijat Refleksi untuk Segala Penyakit?

Pijat refleksi telah menjadi pengobatan pilihan bagi banyak orang terkait masalah kesehatan karena aman dan efektif. Terlebih, jenis pijat ini juga alami jadi bisa dipastikan bebas obat-obatan kimia. Baiklah, berikut adalah beberapa manfaat dari pijat refleksi untuk segala penyakit.

1. Membantu Pengobatan Kanker

Pijat refleksi untuk segala penyakit sering digunakan untuk mengobati kanker. Memang sebenarnya tidak ada bukti ilmiah bahwa pijat ini dapat menyembuhkan atau mencegah segala jenis penyakit, termasuk kanker. 

Tetapi melansir penjelasan dari Hellosehat, pijat refleksi yang diberikan kepada pasien kanker dapat meningkatkan nafsu makan, mencegah berbagai gangguan pencernaan, serta mencegah kelelahan dan gangguan tidur. Selain itu Menurut situs Cancer Research UK, pijat  refleksi  merupakan terapi pelengkap untuk meredakan gejala seperti nyeri dan kecemasan.

2. Mengurangi Kecemasan

Melansir Jurnal Evidence-Based Complementary And Alternative Medicine (2014), terdapat penjelasan bahwa pijat refleksi dapat mengurangi depresi, kecemasan, atau masalah tidur tanpa perlu obat.  

Pijat titik saraf ini memiliki efek menenangkan dan dapat meningkatkan  endorfin dalam tubuh. Endorfin sendiri adalah bahan kimia pereda nyeri alami yang dapat membantu tubuh beradaptasi dengan menekan hormon stres.

3. Melancarkan Peredaran Darah

Karena titik-titik tekanan pada telapak kaki bersentuhan langsung dengan jantung dan pembuluh darah, pijatan refleksi ini dapat mempengaruhi fungsi jantung. 

Hal tersebut terjadi karena efek tekanan yang diterima selama pijat sama dengan refleks baroreseptor yang dihasilkan tubuh untuk mengontrol fungsi jantung. Selain itu, pemanasan otot dan persendian di awal pijat titik saraf ini efektif untuk menenangkan dan meningkatkan sirkulasi darah.

4. Mengurangi Nyeri Saat Haid

Nyeri haid atau juga disebut dismenore merupakan salah satu masalah reproduksi yang sering dialami wanita. Pijat refleksi tampaknya dapat meredakan gejala kram menstruasi yang cukup mengganggu, sehingga tidak perlu khawatir dengan pijat perut yang berbahaya. 

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Biomedical Research (2015) menunjukkan  perbedaan yang signifikan dalam intensitas kram menstruasi sebelum dan sesudah pijat  refleksi.

Baca Juga: Tanaman Hias untuk Dekorasi Rumah

Akhir Kata

Yup, itu tadi adalah penjelasan dan beberapa manfaat dari pijat refleksi untuk segala penyakit. Jika Anda tertarik untuk mencoba jenis terapi yang satu ini, silahkan hubungi pijat panggilan Medan terdekat. 

Staff

Times Newsline adalah portal berita bisnis, teknologi, hiburan dan informasi umum. Kami percaya pada pemberdayaan individualitas. Misi kami adalah menjadi platform global untuk sumber daya informasi penting.