5 Cara Riset Pasar Penting Untuk Mencari Peluang Bisnis

berfokus pada sekelompok kecil kegiatan yang menjanjikan, cenderung menghasilkan pendapatan yang lebih tinggi dari rata-rata.

Cara Riset Pasar

Anda dan tim mungkin sedang mempertimbangkan berbagai ide dan peluang bisnis baru. Semua terlihat menggiurkan. Tetapi, hati-hati, tidak semuanya sepadan dengan usaha. Pastikan Anda mempersempit pilihan dan fokus pada tujuan yang paling potensial untuk sukses.

Itulah mengapa cara riset pasar menjadi penting sebelum Anda menentukan mana yang akan difokuskan.

Mengejar beberapa faktor pertumbuhan dapat berbahaya bagi bisnis Anda. Menurut Harvard Business Review, “sewaktu prioritas tim eksekutif tumbuh, pendapatan perusahaan sebenarnya menurun dibandingkan dengan kondisi normal.” 

Tetapi berfokus pada sekelompok kecil kegiatan yang menjanjikan, cenderung menghasilkan pendapatan yang lebih tinggi dari rata-rata.

5 Cara Riset Pasar Penting Untuk Mencari Peluang Bisnis

Ikuti lima cara riset pasar berikut untuk mengevaluasi daya tarik peluang pasar baru dan memprioritaskan pertumbuhan bisnis pada fokus yang tepat.

1. Periksa pelanggan dan persaingan Anda.

Gunakan cara riset pasar untuk menganalisis pelanggan dan pesaing Anda dalam berbagai tahap. Ini akan membantu Anda menilai, apakah permintaan produk/layanan itu nyata dan memperluas ke pasar baru bagi organisasi Anda.

Identifikasi segmen konsumen yang memiliki karakteristik umum seperti usia, jenis kelamin, pendidikan, pendapatan, pekerjaan dan tempat tinggal atau gaya hidup dan nilai. Juga pertimbangkan motivasi konsumen. “Pekerjaan” apa yang coba dilakukan klien? Apa hambatan potensial untuk konsumsi?

Mengetahui siapa pesaing utama Anda dan menilai kekuatan dan kelemahan mereka, dapat menjelaskan strategi pengembangan yang unik dan cara untuk mengidentifikasi produk dan layanan Anda.

2. Lihatlah pasar tingkat atas.

Namun, tahap pertama saja, tidak cukup untuk mengevaluasi pelanggan dan pesaing Anda. Anda juga perlu memiliki pemahaman yang luas tentang pasar secara keseluruhan dan potensi untuk sukses.

Jika tidak, organisasi Anda mungkin terjebak dalam pemikiran bahwa, menambahkan beberapa poin persentase sudah cukup, yang merupakan potensi besar. Pemasar ahli dalam memberikan citra waktu nyata dan dapat membantu Anda menghindari pemikiran kaku.

Saat menganalisis pasar, pertanyaan teratas ini perlu Anda pertimbangkan.

  • Berapa ukuran pasarnya?
  • Seberapa cepat pasar berkembang?
  • Ada berapa penguasa?
  • Apa hambatan untuk masuk?
  • Apa kekuatan tawar-menawar pemasok?
  • Apa itu rantai nilai industri?
  • Seberapa kuat persaingannya?
  • Apakah ada risiko pendapatan baru atau produk atau layanan pengganti?

Mengejar peluang kompetitor juga bisa menjadi strategi kemenangan.

Dalam studi lima tahun Harvard Business Review, para peneliti menganalisis pertumbuhan dan kinerja 1.850 perusahaan. Perusahaan yang telah mencapai pertumbuhan paling berkelanjutan telah menemukan bahwa mereka menggunakan pendekatan strategis dan sistematis untuk memperluas operasi mereka ke wilayah baru. 

Beberapa perusahaan berekspansi dari satu pasar geografis ke pasar lain, sementara yang lain telah menerapkan model bisnis yang ada ke unit terdekat.

Ambil contoh, merek Pasta Gigi Proctor and Gamble Crist. AD Crest runtuh pada akhir 1990-an, tetapi Proctor and Gamble menghidupkan kembali merek tersebut dengan memperkenalkan Crest Whitestripes dan Spin Brushes ke dalam dua kategori lain – pemutihan gigi dan menyikat gigi.

Perusahaan menggunakan saluran yang sama untuk menjangkau pelanggan dengan kerangka pemasaran yang sama dan menambahkan lebih dari $200 juta dalam penjualan untuk setiap merek baru dalam satu tahun.

Menjaga fokus Anda pada denyut nadi pasar, akan membantu Anda mempertahankan pendekatan aktif. sekaligus mengungguli pesaing dengan mencari cara untuk berkembang di luar bisnis inti.

4. Memahami kondisi lingkungan bisnis.

Area lain yang harus dieksplorasi adalah lingkungan bisnis secara umum, yang memiliki dampak signifikan terhadap kinerja perusahaan dan cara industri beroperasi.

Lingkungan bisnis meliputi:

  • Kemajuan teknologi
  • Peraturan Pemerintah
  • Perubahan geopolitik
  • Indikator ekonomi
  • Kebijakan Bisnis
  • Norma sosial dan budaya

Misalnya, perusahaan di sektor perawatan kesehatan, mungkin mengalami sejumlah gangguan yang berkontribusi pada ketidakstabilan lebih lanjut. Seperti adanya upaya untuk mencabut dan mengganti Undang-Undang, kebijakan TI kesehatan, dan pernyataan politik pada harga obat dan lainnya.

Baca juga: 10 Ide Bisnis Online Paling Potensial Untuk Masa Depan

Faktor lain yang mempengaruhi pasar termasuk kerusakan, peningkatan biaya perawatan, dan kekurangan SDM. Setiap peluang bisnis baru di sektor-sektor tertentu, harus dievaluasi dengan mempertimbangkan kondisi dan tantangan yang ada.

5. Temukan riset pasar yang Anda cari dengan cepat.

Mengumpulkan dan menyusun informasi tentang semua kategori ini dapat memakan banyak waktu, tenaga, dan pengetahuan, tetapi laporan riset pasar dapat membantu.

Anda perlu mendapat data akurat tentang ukuran pasar, pangsa pasar, prakiraan pasar, informasi peraturan, demografi konsumen, dan banyak lagi. Mungkin, Anda perlu menggunakan perangkat lunak untuk membaca peluang dan faktor-faktor yang perlu dipertimbang secara online.

Staff

Times Newsline adalah portal berita bisnis, teknologi, hiburan dan informasi umum. Kami percaya pada pemberdayaan individualitas. Misi kami adalah menjadi platform global untuk sumber daya informasi penting.