/

6 Pemain Skotlandia yang Pernah Bermain untuk Liverpool di Era Premier League

Pemain Skotlandia
Pemain Skotlandia

Pemain Skotlandia – Liverpool sedang menyongsong musim 2022/2023 dan cukup aktif di bursa transfer. Pada pertengahan bulan Juni 2022, klub Liverpool memastikan transfer Calvin Ramsay dari Aberdeen. Bek asal Skotlandia itu menjadi rekrutan ketiga The Reds setelah Fabio Carvalho dan Darwin Nunez.

Ramsay bukanlah pemain Skotlandia pertama yang bermain di Anfield. Ketika liga disebut Divisi Pertama, ada nama-nama seperti Kenny Dalglish dan Graeme Souness. Di era Premier League, Liverpool sangat ingin merekrut pemain Skotlandia dan inilah mereka.

Pemain Skotlandia yang Pernah Bermain untuk Liverpool

Pemain Skotlandia

Berikut daftar rangkuman kampusbola.id mengenai pemain skotlandia yang pernah bermain untuk Liverpool di era Premier League.

1. Don Hutchison

Nama Don Hutchison mungkin tidak terlalu populer. Namun, ia adalah bagian dari tim Liverpool di awal 1990-an. Gelandang yang juga bermain untuk tim nasional Skotlandia itu bergabung dengan The Reds pada musim 1991/1992 dan bermain di sana hingga pertengahan 1994.

Saat bermain di Anfield, karier Hutchison belum terlalu bagus. Dia hanya membuat 45 pertandingan di liga domestik dengan 7 gol. Setelah dipinjamkan ke Hartlepool United, Hutchison akhirnya dilepas ke West Ham United pada tahun 1994 di bawah asuhan Harry Redknapp.

2. Dominik Matteo

Dominic Matteo adalah produk akademi Liverpool dan melakukan debutnya di Liga Inggris pada Oktober 1993. Lahir di Dumfries, Skotlandia, pemain bisa bermain sebagai bek atau gelandang bertahan. Jadi tidak mengherankan jika dia bermain cukup lama untuk The Reds.

Setelah sekitar delapan musim di Anfield, Matteo bergabung dengan Leeds United pada Agustus 2000. Seperti klub sebelumnya, Matteo bermain secara reguler untuk tim blanco. Bahkan, ia sempat menjadi kapten tim menyusul kepergian Rio Ferdinand ke Manchester United.

3. Gary McAllister

Gary McAllister memulai karir profesionalnya dengan klub kota kelahirannya Motherwell. Ia kemudian menjajal kompetisi Liga Inggris bersama Leicester City. Setelah bermain untuk Leeds United dan Coventry City, McAllister didatangkan sebagai pemain Liverpool pada Juli 2000 ketika ia berusia 35 tahun.

Meski tidak lagi muda, Gary McAllister membuktikan bahwa usia hanyalah angka. Dia memberikan segalanya selama dua tahun di Stadion Anfield. Hasilnya, Liverpool memenangkan Piala FA, Piala Liga, Charity Shield, Piala UEFA, dan Piala Super UEFA pada tahun 2001.

4. Danny Wilson

Sebuah produk dari Glasgow Rangers Academy, Danny Wilson akhirnya bermain untuk tim senior pada tahun 2009. Meski masih muda, ia langsung mengantarkan Rangers menjuarai Liga Utama Skotlandia 2009/2010 dan dinobatkan sebagai Pemain Muda Terbaik.

Tertarik dengan bakatnya, Liverpool tiba pada Juli 2010 untuk memboyong Wilson ke Anfield Stadium. Sayangnya, kenyataan tidak sesuai dengan harapan. Di Inggris ia praktis gagal total. Setelah dipinjamkan ke sejumlah klub, Wilson bergabung dengan Heart of Midlothian pada Januari 2013.

5. Charlie Adam

Charlie Adam adalah pemain Skotlandia yang memulai karirnya di Inggris bersama Blackpool. Sebagai gelandang tengah, ia menjadi metronom permainan Seasiders, membuat 78 penampilan dan mencetak 28 gol di kompetisi domestik.

Pada Januari 2011, Liverpool mengajukan tawaran tetapi ditolak. The Reds tidak menyerah dan akhirnya berhasil mengontrak Adam pada Juli 2011 saat Blackpool terdegradasi. Meski hanya bermain satu musim di Anfield, ia sukses mengantarkan Liverpool meraih kemenangan di ajang Football League Cup.

6. Andrew Robertson

Andrew Henry Robertson memulai karir Inggrisnya bersama Hull City, setelah sebelumnya bermain untuk Dundee United. Sebagai bek kiri, dia bisa bermain secara reguler dengan Tigers. Liverpool pun tertarik dan akhirnya memboyongnya ke Anfield Stadium pada Juli 2017.

Keputusan Robertson untuk menerima lamaran The Reds terbukti benar. Sejauh ini, pemain internasional Skotlandia itu telah memenangkan Liga Premier, Piala FA, Piala EFL, Liga Champions UEFA, Piala Super UEFA, dan Piala Dunia Antarklub FIFA bersama Liverpool.

Faktanya, karena kedekatan geografis, banyak pemain Skotlandia memutuskan untuk mencoba kerasnya kompetisi Liga Premier. Jadi siapa lagi bintang Skotlandia yang bisa direkrut Liverpool nanti?

Baca Juga: [Robot Trading ATG Pantheratrade] Pelajari Cara Menjadi Trader yang Handal

Staff

Times Newsline adalah portal berita bisnis, teknologi, hiburan dan informasi umum. Kami percaya pada pemberdayaan individualitas. Misi kami adalah menjadi platform global untuk sumber daya informasi penting.