5 Cara Menghaluskan Acian Tembok Paling Efektif agar Dinding Tampak Estetik 

Cara Menghaluskan Acian Tembok

Informasi cara menghaluskan acian tembok memang sangat penting diketahui masyarakat. Terutama, yang ingin membangun rumah baru ataupun renovasi rumah lama dalam waktu dekat ini. 

Seperti diketahui, tembok yang tidak rata memang terkesan kurang menarik untuk dilihat. Bahkan, meskipun tembok tersebut sudah dilapisi dengan cat dinding warna terbaik.

Supaya hal seperti itu tidak hadir di tembok rumah Anda, sebaiknya terapkan cara untuk menghaluskan acian berikut ini. Simak informasi selengkapnya di bawah ini, ya. 

Cara Menghaluskan Acian Tembok Paling Mudah dan Efektif 

Pada dasarnya, ada banyak risiko yang mungkin ditimbulkan karena adanya acian tembok tidak rata. Bukan hanya mengurangi nilai estetikanya, melainkan kekokohan bangunannya juga.

Sementara itu, jika acian tembok sudah rapi, bagian ini tentu bisa memberikan banyak manfaat untuk penghuni rumah. Contohnya, menjadikan rumah nyaman sebab terhindar dari adanya kebocoran, warna cat menarik dipandang, dan lain-lain.

Jika saat ini tembok rumah bermasalah, Anda sebaiknya tidak menghubungi tukang bangunan langsung. Terlebih, jika niatnya hanya memperbaiki tekstur dinding rumah lama yang tampak tidak rata.

Alih-alih menghubungi jasa tukang bangunan, Anda bisa mengerjakannya sendiri dengan mengaplikasikan cara menghaluskan acian tembok di bawah ini. Yuk, simak hingga tuntas!

1. Periksa Kondisi Tembok 

Cara Menghaluskan Acian Tembok

Cara pertama untuk menghaluskan tembok yang aciannya tampak tidak rata adalah dengan memeriksa kondisinya. Langkah ini dimaksudkan untuk memastikan semua area dinding tidak memiliki kelembapan berlebih.

Dengan kondisi yang kering, proses menghaluskan tembok bisa dipastikan lebih efektif. Sehingga, hasilnya pun akan tampak lebih menarik dan estetik. 

2. Campurkan Material untuk Membuat Aci Tembok 

Guna menjadikan tembok yang baru diaci jadi lebih halus dan rata, pastikan membuat aci baru. Untuk membuatnya, Anda dapat mencampurkan beberapa material berikut ini.

Di antaranya adalah semen dan air secukupnya. Mengenai komposisinya, tidak ada aturan khusus, tetapi Anda bisa memastikan agar semen tampak menjadi pasta dengan tekstur sedikit encer.

3. Bersihkan Area Tembok dan Basahi Sedikit 

Cara Menghaluskan Acian Tembok

Jika langkah pertama dan kedua sudah dilakukan, selanjutnya Anda bisa membersihkan tembok terlebih dulu. Untuk membuat dinding bersih secara sempurna, gunakan lap basah atau semprot dengan air, kemudian lap.

Pastikan proses pembersihan dan pembasahan tembok ini dilakukan dengan baik sampai kondisinya kering kembali. Namun, tetap memiliki kelembapan yang pas.

4. Terapkan Aci Tembok di Waktu yang Tepat 

Untuk diketahui, pengacian tembok bangunan tidak bisa dilakukan sembarangan. Ada aturan mengenai kapan waktu terbaik untuk menerapkannya dan berapa ketebalannya.

Sebagai informasi, tebal plesteran dinding hebel ataupun batu-bata umumnya adalah 1,5 cm hingga 3 cm. Sementara itu, waktu terbaik pengacian adalah ketika usia tembok sudah di atas tiga minggu.

Jika dilakukan sebelum itu, hasilnya dipastikan akan kurang baik. Pasalnya, aci dari campuran semen dan air tidak bisa menempel dengan baik di dinding.

5. Lakukan Pengecatan Ulang

Cara Menghaluskan Acian Tembok

Untuk menghasilkan kesan estetik pada rumah, langkah terakhir yang perlu dilakukan adalah mengecat ulang tembok. Supaya hasilnya lebih bagus, terapkan cat setelah pengacian selesai dilakukan 2 sampai 3 hari.

Selain memilih waktu yang tepat untuk pengecatan dinding, pastikan memilih warna yang sesuai juga dengan ruangan. Anda bisa menyesuaikannya dengan fungsi ruangan ataupun posisinya sebagai interior atau eksterior.

Demikian beberapa cara menghaluskan acian tembok paling efektif supaya dinding bangunan tampak lebih menarik dan estetik. Untuk mendapatkan hasil terbaik, pastikan melakukan tiap-tiap langkahnya dengan baik dan teliti, ya.

Baca Juga: 5 Cara Riset Pasar Penting Untuk Mencari Peluang Bisnis

Staff

Times Newsline adalah portal berita bisnis, teknologi, hiburan dan informasi umum. Kami percaya pada pemberdayaan individualitas. Misi kami adalah menjadi platform global untuk sumber daya informasi penting.